Thursday, April 11, 2013

Liburan Keluarga ke Singapore 3D2N, berlima, Papa, Mama, Jihan, Abie, Syahira

Alhamdulillah kesempatan itu datang juga, setelah berkutat dengan rutinitas kantor akhirnya hari yang ditunggu datang juga, izin cuti dari tanggal 4-5 April disetujui atasan, semua list barang yang diperlukan sudah disiapkan. Kamis 4 April 2012, dinihari,bangun jam 2 pagi, kemudian mandi dan sarapan serta memasukkan semua barang bawaan total 1 koper besar dan 2 ransel ( total bagasi hanya 25kg), Berangkat dengan pesawat air asia qz8620, jam 5 pagi sampai Changi airport Singapore jam 8 30. Sempat cemas dengan prosedur imigrasi karena saya membawa 4 orang yang belum pernah ke LN, saya bayangkan akan banyak pertanyaan di Imigrasi Singapore, ternyata Alhamdulillah semuanya lancar. Setelah menunggu bagasi kita naik taxi Hyundai Sonata, dari airport ke hotel sekitar 45 menit dengan tarif SGD 23. Kita ke hotel dulu di geylang lor 20 untuk titip barang. Setelah ganti baju seragam, lalu ke Universal Studio Singapore (USS) dengan menggunakan Bus jurusan Vivo City, lalu di Vivo city kita makan siang dulu di Foodcourt nya, kita beli masakan Padang, Syahira makan cumi dan yang lain rendang, rata2 SGD 5 perorang. Setelah itu naik ke Lantai 3 untuk naik Skytrain dnegan membayar SGD 3 perorang, dan ini ternyata tiket PP. Sesampainya di Sentosa, kita jalan kaki dulu beberapa saat sampai akhirnya menjumpai USS globe, karena sudah ada tiket yang dibeli di travel agent di Jakarta, kita tidak usah antri lagi beli tiket, langsung masuk, pertama masuk Sesame street, kesukaan anak-anak, biasa saja, ga jauh beda dengan si Bolng nya Trans Studio. Setelah itu saya dan Syahira menikmati Battlestar (mirip halilintar), The Mummy(efek 4D), khusus dewasa karena ada rel dan gelap), Transformer 4D(anak2 suka tapi antrinya 1jam, padahal ini hari Kamis lho, bukan week end), Srek 4D ( ini juga arena 4D, tapi tidak naik mobil seperti Mummy dan Transformer, hanya duduk di kursi seperti bioskop, seperti Marvel di Trans Studi bandung, jam 2-3 hujan lebat di USS, jadi kita tidak bisa naik wahana, kecuali nekat dan bisa basah kuyup seperti tamu bule yang lain. Waktu pulang pakai kita menggunakan Skytrain Sentosa Vivo city, terus nyambung MRT Vivo City - Otram. Sangat berat kalau Bawa Balita, karena mereka sudah cape dan tidur,kita harus gendong dari naik skytrain sentosa ke vivocity / Harbour Front (bayar hanya 1 kali sgd 3), pindah MRT biru ke Otram ganti lagi MRT hijau tujuan Pasir Ris, Jihan tidur digendong mama, Abie tidur digendong papa, thanks to Syahira yg bisa bawa ransel dan bawaan lain, WOW lutut serasa mau lepas, belum lagi bersamaan dengan peak bubaran kantor, beruntung diberi kesempatan duduk oleh yang naik MRT, setelah itu penderitaan belum berakhir, harus jalan lagi sekitar 1 km sampai hotel di Geylang, Fuihh keringat bercucuran, better take taxi saja secara biayanya kalau 5 orang ini tidak berbeda jauh. Setelah chek in jam 7 pm dan masuk kamar dan semua terkapar, rencana mau jalan2 lagi dilupakan dulu. Kamar di hotel bintang 2 ini tergolong kecil dan sempit untuk 5 orang, karena hanya terdiri dari satu master bed 160cm dan 1 single bed 100cm, jadilah kami tidur berdesakan. Jumat, 5 April 2013. Hari ke 2 rencana jalan jam 10 pagi, tapi karena urus anak2 mandi, makan dll jadi ngaret ke jam 11, pertama ke Merlion naik bus, ternyata halte bus ke merlion park ini cukup jauh, Jihan nangis karena kecapek an, sementara Abie enak digendong di kepala papanya. Dari Merlion kita ke Orchad Takasimaya naik taxi lama(crown lama), cuma beda di tarif buka pintu 3sgd sedang taxi baru hyunday sonata 3,4sgd, dan manual transmisi untuk crown ini, sopirnya kayaknya dari China, radionya itu lho bahasa mandarin terusss, di Takashimaya beli mainan spiderman dan barbie yg sedang discount, kemudian cari makan di Lucky plaza, banyak barang elektronik disini, kita makan di mcD dengan 4 paket yang isinya 1 paket 5 wing, fried potato, milo total 25sgd, sayang ga ada nasi dan dada ayam disini, disini hanya ada chiken wing. Disini toilet bayat @ 20cent.Terus kita pulang karena Abie sudah minta pulang sampai di hotel jam 6 dan off course dengan taxi hyunday sonata, hari ini seharian cerah. Malamnya jam 6 sore sampai jam 10 malam jalan lagi dengan Syahira ke Litle india naik Bus, tujuannya Mustafa center, toko serba ada 24jam. Karena dekat kita jalan kaki ke bugis center yang berada dibelakang OG building, Bugis street penuh toko di gang sempit (mirip pasar Lereng di Bukittinggi kalau hari pasar Rabu/Sabtu), mampir dulu beli baju Uniqlo salah satu counter favorit saya dari jepang di bugis junction(fyi uniqlo ini akan buka counter di JKT pertengahan th ini, asyik koleksi bajunya trendy dan confort), pulangnya naik bus, eh ternyata salah arah yang ke Otram, balik lagi bus no 2 ke Geylang. Sabtu, 6 April 2013. Hari ke 3 di hotel saja, nonton tv, eh ada radio Ria 89,7fm, isinya lagu Indonesia semua, kita stay di hotel sd check out jam 1, waktu 2 jam kita isi waktu belanja di toko 24jam dekat hotel dan menunggu hujan lebat. Jam 3 naik taxi Hyunday Sonata lagi ke airport, drivernya kali ini chinese tapi radionya asyik, western song, dia juga cerita ttg setoran taxinya 105sgd perday, jadi untuk kejar setoran dia bagi shift dengan temannya, I am also human lahh , katanya. Tol free di sgp karena sudah incl tax, dan motor boleh masuk tol, kalau untuk mengatasi macet ada ERP / kayak 3in1 , di beberapa jalan sibuk seperti Orchad dipasang alat ERP, disini alat auto yang ada di dash board mobil akan langsung potong pulsa, truk 4, mobil 2sgd, dll. Juga ada system plat mobil putih dan merah untuk siang atau malam. Anak kecil tidak boleh dipangku di kursi depan, dendanya 50SGD, juga tidak boleh naik/turun Taxi di Halte bus, kalau ketahuan ( ada CCTV) kena denda dan SIM dicabut. Tarif hotel ke airpot 13,35 SGD. Ternyata bawa uang jajan sgd650 sisa sgd350. Berikut rincian biaya / budget 2D3N singapore trip April 2013,3 dewasa (Fauzan, Silvi, Syahira), 2 anak Jihan, Abie) Pasport 4x300=1,2 Pesawat @1jt total 5jt, airasia online Hotel 1,8jt, agoda online USS @500rbx5=2,5jt, beli dwidaya travel@68, anak @48 Airport tax 750rb@150rb, di SGP gratis Lho airports nya Belanja 300sgd=2,4jt Parkir inap 2 hari 15jam =136ribu Total sekitar 15jt Banyak terbantu di electric cooker pinjaman Uni Nel, jadi breakfast dan dinner bisa di hotel, bayangkan kalau 1 orang makannya 5sgdx5=25sgd per makan, secara makananya kurang cocok dengan lidah kita. (Good by SGP, I will be back, kata Jihan waktu meninggalkan airport) Semoga perjalanan ini bermanfaat bagi kami dan bagi pembaca!